blog

Tanaman Venus – Ciri Khusus dan Manfaatnya

Posted On March 11, 2015 at 8:59 am by / No Comments

Satu lagi tanaman karnivora yang telah dikenal banyak orang yaitu tanaman venus atau venus flytrap. Tanaman ini berbentuk seperti engsel dan memiliki bulu-bulu halus dengan warna hijau dan merah, tergantung jenisnya. Umumnya, tanaman venus ini hidup di dataran tinggi atau rendah. Tanaman yang juga disebut kejora ini juga bisa tumbuh pada tanah yang kurang akan kandungan mineralnya. Karena nutrisi yang didapat dari serangga sudah cukup untuk memenuhi zat hara yang dibutuhkan. Nutrisi tersebut kemudian dialirkan keseluruh bagian tumbuhan agar bisa berkembang dengan baik.

tanaman venus

Tanaman venus menarik mangsa lewat warna merahnya yang cantik. Ketika akan beraksi, tanaman ini akan membuka engselnya seperti buku, dan mengeluarkan aroma sedap dari kelenjar di dalamnya. Aroma yang harum dan manis akan menarik serangga untuk mendekat. Ketika mangsanya sudah ada di dalam, tanaman venus ini akan menutup dengan cepat. Hampir tidak ada serangga yang dapat melarikan diri dari perangkap tanaman insektivora ini.


Tanaman Venus Dan Ciri-Cirinya

Setiap tanaman memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan tanaman lain, begitu juga dengan tanaman kejora ini. Meski sama terkenalnya dengan kantong semar, tentusaja ada yang membedakan kedua tanaman yang sama-sama memangsa serangga ini. Tumbuhan venus dan ciri khususnya, yaitu:

  1. Tanaman venus memiliki daun yang berbentuk engsel dan berbulu,
  2. Daunnya berwarna merah pada bagian dalam engsel untuk menarik perhatian serangga,
  3. Menguarkan bau yang harum dari kelenjar tubuhnya,
  4. Proses menutup daun Venus lebih cepat daripada kecepatan tangan manusia,
  5. Venus  tumbuh pada kandungan tanah yang bersifat asam,
  6. Mempunyai biji dan juga bunga untuk proses regenerasi.

Tumbuhan venus juga dapat dijadikan sebagai tanaman hias. Karena memiliki biji, jadi proses pembudidayaan tanaman ini mudah untuk dilakukan, tanpa harus mencabutnya dari alam. Di pasaran, tanaman kejora ini dijual sekitar 100ribu sampai dengan 150ribu. Untuk membelinya, Anda dapat mendatangi penjual tanaman hias, atau dapat browsing lewat internet. Tanaman ini merupakan spesies yang tunggal dengan banyak varietas. Hanya saja, yang paling sering ditemui ialah type Venus red dragon atau yang berdaun merah.


Cara Merawat Tanaman Venus

Sebagian orang bertanya-tanya, bagaimana cara merawat tanaman insektivora? Sebenarnya cukup mudah dilakukan, mengingat tumbuhan insektivora mendapat nutrisi dari serangga dan bukan pupuk. Jika di wilayah yang memiliki kandungan tanah yang subur dan bagus, tanaman kejora akan mudah berkembang biak meski tanpa memakan serangga. Namun, karena sudah biasa  tumbuh pada kandungan tanah yang langka mineral, maka kebutuhan nutrisinya diambil dari serangga. Jika Anda membeli tanaman insektivora seperti Venus, cara merawatnya cukup mudah, yaitu:

  • Siram tanaman kejora dengan air RO atau yang kandungan mineralnya sedikit,
  • Gunakan Moss atau lumut sebagai media tanam,
  • Siram dari bagian pinggir dan bukan atas,
  • Penyinaran pada tanaman venus jangan langsung dilakukan, akan tetapi bertahan, karena ada jenis venus yang tidak tahan akan sinar matahari,
  • Beri serangga sebagai makanan pada tanaman kejora,
  • Jangan memakai pupuk pada tanaman kejora, karena nutrisi dari serangga pun sudah mencukupi untuk bisa berkembang biak.

Mudah merawatnya bukan. Asal telaten, maka tanaman pun akan tumbuh indah dan sehat sesuai keinginan kita. Yang paling penting ialah jangan memainkan trap dari tumbuhan venus agar tidak cepat rusak.

(http://funguerilla.com/images/strange-weird/venus-fly-trap/venus-fly-trap10.jpg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X